800×120
800×120
800×120
800×120

KPADOK BONTANG ADAKAN KEGIATAN SOSIALISASI PENYUSUNAN ARSIP DILINGKUP PEMERINTAH BONTANG

EKSPOSKALTIM, Bontang– Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPADOK) Kota Bontang mengadakan kegiatan Sosialisasi atau Penyusunan Kearsipan di lingkungan instansi pemerintah Kota Bontang, bertema “ Arti penting Arsip Ditinjau dari Asas Akuntabilitas dan Aksesibilitas sesuai dengan pasal 4 Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan”. bertempat di Aula KPAD, Jalan HM Ardans, Pisangan Kota Bontang, Kamis (28/4/2016)

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa perwakilan dari Instansi Pemerintah dan Aparat diantaranya Pemkot Bontang, DPRD, Kapolres, Dandim, kejaksaan, Pengadilan negeri dan Instansi-Instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi (KPADOK) Kota Bontang, Karlina mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Walikota Bontang dalam hal ini di wakili oleh Mursyid yang telah berkenan hadir untuk memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara sosialisasi dan juga kepada seluruh Instansi sehingga kegiatan sosialisasi ini dapat terlaksana.

Mengacu dari tema yang ada, Karlina menjelaskan bahwa pengarsipan dilaksanakan dengan memperhatikan 14 asas yaitu kepastian hukum, Keautentikan dan Keterpercayaan, Keutuhan, Asal-usul, Aturan Asli, Keamanan dan Keselamatan, Keprofesionalan, Keresponsifan, Keantisipatifan, Kepartisipatifan, Akuntabilitas, Kemanfaatan, Aksesibilitas dan Kepentingan Umum.

“Inilah yang harus kita sadari dan pahami bersama bahwa arsip dan kearsipan,  bukan hanya untuk arsip itu sendiri, tetapi juga sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara, “ jelasnya.

Selain itu, karlina juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini. Ia pun berharap, semua wawasan yang didapat dari kegiatan ini mampu diterapkan  dilingkup instansi masing-masing.

“Atas nama KPADOK kami mengucapkan terimakasih telah mengikuti acara sosialisasi ini, semoga wawasan dan pemahaman bapak-ibu terhadap undang-udang Nomor 43 tahun 2009 pasal 4 tentang asas Akuntabilitas dan Asas Aksesibilitas meningkat dan dapat menerapkannya di Instasi masing-masing.” ungkapnya.

 

Reporter : Heri    Editor : Maulana

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *