800×120
800×120
800×120
800×120

KPAD Meraih Penghargaan Tingkat Nasional

KPAD Meraih Penghargaan Tingkat Nasional

Tahun ini, Kota Bontang patut berbangga dengan prestasi yang telah diraih oleh Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD). Tepat di malam ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 71 baberapa waktu yang lalu, KPAD memperoleh penghargaan dari Arsip Nasional RI (ANRI) sebagai Juara Harapan II Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Terbaik Nasional Tahun 2016. Penghargaan langsung diserahkan oleh Menteri PAN & RB, Asman Abnur dalam acara Arsip Awards di Ballroom Redtop Hotel, Jakrta Pusat.

Pemilihan LKD Terbaik Nasional Tahun Ini merupakan pengalaman pertama bagi KPAD Kota Bontang. KPAD Kota Bontang bersaing dengan 5 finalis lainnya,yaitu LKD Kota Denpasar, LKD Kota Tidore Kepulauan, LKD Kabupaten Manggarai Barat, LKD Kabupaten Kota Waringin Barat, dan LKD Kabupaten Pinrang.

Jauh sebelum pemberian penghargaan, pada tanggal 16 Mei 2016, KPAD Kota Bontang diminta melakukan presentasi di hadapan Tim Juri Pemilihan LKD Terbaik Tahun 2016 di ANRI. Presentasi yang disampaikan oleh Kepala KPAD memaparkan tentang segala aspek kearsipan yang berkaitan dengan KPAD Kota Bontang, baik itu aspek sarana prasarana, aspek kebijakan, aspek prestasi, hingga aspek anggaran. Setiap finalis, hanya diberikan waktu 15 menit untuk memaparkan presentasinya.

Sebelumnya, ANRI telah melakukan verifikasi lapangan terhadap data lomba yang diterimanya langsung ke KPAD Kota Bontang. Verifikasi dilaksanakan pada tanggal  11-12 Mei 2016 oleh 2 pejabat ANRI, yaitu Dra. Yosephine H, MAP (Kasubdit Daerah 1B) dan Sri Wulandari (Arsiparis Ahli).  Verifikasi menyoroti beberapa aspek kearsipan, baik teknis, kebijakan, maupun peraturan tentang kearsipan.

Aspek teknis diantaranya meliputi penciptaan arsip, penataan dan penyimpanan arsip, hingga penyusutan arsip. Selain itu, dinilai juga tentang kontribusi KPAD dalam membangun masyarakat sadar arsip dan tertib arsip sebagai implementasi fungsi pembinaan kearsipan khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Bontang.

Aspek Kebijakan dalam penilaian tersebut dititikberatkan pada penganggaran guna menjalankan tupoksi KPAD. Sementara itu, dalam aspek peraturan kearsipan verifikator dan juri menyoroti ada tidaknya peraturan kearsipan yang dimiliki oleh daerah (Kota Bontang), baik berbentuk Perda, Perwali, Surat Edaran, atau Peraturan sejenisnya.

Prestasi ini tentu bukan prestasi terbaik bagi KPAD Kota Bontang, khususnya di bidang Kearsipan. Namun, dengan segala bentuk keterbatasan yang ada pada KPAD, tentu ini adalah prestasi yang penuh perjuangan. Menjadi lebih baik dari apa yang sudah ada sekarang tentu menjadi harapan KPAD. Memiliki prestasi nasional yang lebih dari Juara Harapan tentu menjadi impian. (Fendi Susilo.KPAD)

  

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *