800×120
800×120
800×120
800×120

Fakta Unik Tentang Buku

bnatsoft.com1396205783442

Buku telah melewati sejarah yang panjang. Sepanjang sejarahnya itu, ada beberapa buku yang unik, yang hanya ada 1 di dunia ini. Keunikannya membuat buku-buku ini mendapatkan rekor dunia. Buku apa sajakah itu?

1.Buku terbesar  dimiliki oleh Mshahed International Group di Dubai. Besarnya 5 x 8,06 meter2 dengan berat mencapai 1500 kg.Buku terbesar di dunia.Buku yang terdiri dari 429 halaman ini memerlukan 50 orang untuk bersama-sama mengerjakannya sampai selesai.

2.Buku mewarnai terbesar  berukuran 1,8 x 1,5 m2 , dibuat oleh Salma Al-Jeddi di Kuwait. Buku mewarnai untuk anak-anak ini berisi pendidikan kebersihan gigi.

3.Leo Tolstoy pernah menulis buku tebal berjudul War and Peace sebelum adanya mesin tik, komputer dan mesin foto kopi. Naskah buku ini disalin dengan tangan oleh istri Pak Leo Tolstoy sebanyak 7 kali.

4.Penulis buku termuda di  dunia adalah Dorothy Straight dari  Washington, Amerika Serikat. Bukunya diterbitkan ketika ia berusia 4 tahun di tahun 1962.

5.Buku paling tebal di dunia tebalnya 4,08 meter.Buku yang berisi teks dan gambar tentang lalu lintas dan anak-anak ini diterbitkan oleh Zeigeist Media di Jerman. Buku ini dijual dengan harga 9999 euro.

6.Buku pertama yang diketik dengan menggunakan mesin  tik adalah The Adventures of Tom Sawyer, karya Mark Twain di tahun 1875.

Selain buku-buku unik itu, kamu juga bisa memiliki buku unikmu sendiri, lo. Caranya, ambillah sebuah buku tulis dan isi dengan hal yang menarik hatimu. Buku ini bisa kamu tulisi dengan hal-hal berkesan tentang dirimu sendiri. Kamu juga bisa menuangkan ide dan kreasimu di buku itu.

Manfaat membaca buku

1.Sebanyak 30% pembaca akan menyelesaikan bacaannya sebelum halaman 50. Sebanyak 87% pembaca membaca buku mereka sampai dengan 300 halaman. Sebanyak 74% hingga 400 halaman, dan semakin tebal, semakin sedikit persentase orang yang tuntas membaca buku. Untuk buku dengan tebal sekitar 700 halaman, dibaca hanya sekitar 35% pembaca.

2.Pria 10x lipat cenderung tertarik pada buku yang menampilkan tokoh protagonis laki-laki. Sementara perempuan cenderung menyelesaikan baca buku 50% lebih banyak ketimbang pria.

3.Jenis buku yang paling banyak diminati adalah buku percintaan, motivasi, sastra, dewasa, fiksi ilmiah, buku resep masakan, buku sejarah, dan buku agama.

4.Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.

5.Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagus untuk mengatasi stres.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *